10+ Cara menghilangkan Panu dengan cepat dan alami - Ruang Inspirasi

10+ Cara menghilangkan Panu dengan cepat dan alami

Cara menghilangkan panu - Jamur kulit atau panu adalah salah satu jenis penyakit kulit yang menyebalkan apabila kita terjangkit oleh penyakit panu ini. Adanya panu di tubuh kita ditandai dengan adanya rasa gatal serta bercak-bercak  putih yang ada di atas permukaan kulit.

Biasanya, panu muncul pada area kulit yang selalu berkeringat seperti wajah, leher, punggung, perut, lipatan paha, dada, ketiak, lengan, serta tangan. Panu memanglah bukan penyakit yang berbaya bagi tubuh, tetapi bila muncul pada area terbuka pasti akan mengusik penampilan Anda. Panu juga mengusik kenyamanan Anda sebab adanya rasa gatal yang selalu. terutama jika anda mempunyai pekerjaan yang padat dan selalu bertemu dengan orang banyak.



Panu tidak menular akan tetapi jika tidak segera di atasi panu dapat menyebar kemana-mana dan akhirnya gatal akan semakin parah apalagi jika tubuh sedang dalam kondisi berkeringat. Panu yang menyebabkan gatal adalah jamur malassezia.  Pemicu Malassezia tumbuh di kulit belum dapat di jelaskan secara pasti akan tetapi biasanya di kaitkan dengan kebersihan dari seseorang yang terjangkit.

Cara menghilangkan Panu dengan cepat dan alami

Panu dapat dihilangkan dengan berbagai cara. akan tetapi cara menghilangkan panu dengan cepat dapat pula dilakukan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan di sekitar kita. selain dengan cara alami anda juga dapat menghilangkan panu dengan cara yang lain, Cara menghilangkan panu di wajah dengan cepat bisa dilakukan dengan membeli obat anti jamur yang biasanya di jual apotek yang ada di sekitar anda.

A. Gejala serta Tanda- Tanda Panu


Apa saja gejala serta tanda-tanda panu( tinea versicolor)?


Salah satu ciri serta indikasi yang sangat jelas jika seseorang terinfeksi panu (tinea versicolor) yakni warna ayang tidak menyeluruh pada beberapa bagian kulit. Biasanya, tandanya atau gejala yang timbul pada bagian lengan, dada, leher, ataupun punggung. Gejala yang dirasakan oleh seseorang yang terinfeksi jamur ini ditandai dengan:


  1. Kulit berwarna lebih terang( mencolok / tidak seperti bagian kulit lainnya) ataupun lebih hitam dibanding kulit sekitar
  2. Selain putih juga ada orang yang memiliki gejala warna kulit yang berbeda seperti merah, hitam, merah muda,  dan cokelat.
  3. Gatal, Kering, serta bersisik.
  4. Akan semakin terlihat jelas bila seseorang berjemur.
  5. Dapat menghilang di cuaca yang lebih dingin serta tidak begitu lembap


Panu yang timbul pada orang dengan kulit hitam bisa menimbulkan terkikisnya corak kulit atau pigmen. Keadaan ini diketahui sebagai hipopigmentasi. Untuk sebagian orang, kulit yang terinfeksi jamur ini bisa menggelap, bukannya terang. Keadaan ini disebut hiperpigmentasi.

Akan tetapi sebagian orang yang terinfeksi panu ada yang tidak mempunyai perubahan yang berarti pada pigmen atau corak kulit. 


Cara menghilangkan Panu dengan cepat dan alami


1. Lengkuas

Cara menghilangkan Panu dengan cepat dan alami
Foto lengkuas oleh pixaby.com
Menghilangkan panu yang pertama yakni dengan menggunakan lengkuas.  Cara menghilangkan panu dengan lengkuas dapat anda lakukan sendiri di rumah. lengkuas biasanya hadir dalam bumbu masakan. Akan tetapi siapa sangka ternyata lengkuas  mempuyai kandungan yang dapat menghilangkan panu yang ada di tubuh. lengkuas mengandung Flavonoid, vitamin, Zat besi, Vitamin C. Amilum, kuersetin dan masih banyak lagi kandungan lengkuas. cara menghilangkan panu dengan lengkuas cukup mudah

caranya:
1. Ambil beberapa ruas lengkuas lalu cuci bersih.
2. Potong-potong menjadi kecil
3. Usapkan pada area yang terjangkit panu 
4. Lakukan cara ini 2 kali dalam sehari

2. Jeruk nipis

Cara menghilangkan Panu dengan cepat dan alami
Foto jeruk nipis shutterstock.com


Jeruk nipis adalah salah satu bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi panu.selain itu jeruk nipis juga mempunyai kemampuan untuk menghilangkan jerawat dan menghilangkan komedo yang menjadi permasalahan bagi sebagian orang. jeruk nipis mengandung oksidan dan flavonoid yang dapat melindungi dari paparan radikal bebas selain itu kandungan asam sitrat dan vitamin C yang cukup banyak berfungsi sebagai anti jamur juga dipercaya sebagai cara menghilangkan panu dengan cepat dan alami.

untuk mendapatkan manfaat dari jeruk nipis anda juga perlu menambahkan bahan lain agar jeruk nipis dapat digunakan sebagai cara menghilangkan panu. yakni  di tambah dengan belerang. Belerang mengandung zat kerotik yang berguna untuk mengatasi  pemicu munculnya panu di tubuh. 

caranya:
1. Ambil 1 biji jeruk lalu peras sarinya
2. Campurkan 1 sdm belerang halus dengan 1 sdm air perasaan jeruk nipis
3. Aduk hingga keduanya tercampur rata hingga membentuk pasta
4. Terakhir anda dapat mengaplikasikan pada tubuh yang terkena panu
5. Diamkan hingga mengering kemudian bilas dengan air hangat.

3. Kunyit 

Cara menghilangkan Panu dengan cepat dan alami
Foto lengkuas oleh pixaby.com

Kunyit mengandung Kurkumin. kurkumin dalam kunyit adalah salah satu anti oksidan yang mempunyai dapat mengatasi radikal bebas, selain itu kunyit juga merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya sebagai menghilangkan panu secara alami yakni adanya minyak volatile yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan juga berfungsi membasmi pemicu tumbuhnya penyebab panu. untuk mendapat manfaat dari kunyit cukup mudah.

cara 1 :

1. Bersihkan  1 ruas kunyit  terlebih dahulu
2. kemudian potong menjadi beberapa bagian
3. anda dapat aplikasikan dengan mengusap ke area tubuh yang terinfeksi jamur
4. setelah 15 menit bersihkan dengan air hangat

cara 2:

1. Bersihkan beberapa ruas kunyit, lalu haluskan
2. Aplikasikan ke bagian tubuh tunggu kurang lebih 15 menit
3. Bersihkan dengan air hangat


4. Minyak kelapa


Cara menghilangkan Panu dengan cepat dan alami
Foto minyak kelapa shutterstock.com

Minyak kelapa adalah minyak yang dihasilkan dari buah kelapa yang sudah tua. Minyak kelapa memiliki aroma yang khas yang membedakan dengan minyak yang ada di sekitar kita. Nah ternyata minyak kelapa juga mempunyai khasiat untuk menghilangkan panu, didalam minyak kelapa terdapat kandungan Asam lemak yang fungsinya dapat menghambat pertumbuhan jamur.

caranya:

1. Ambil minyak kelapa. lalu aplikasikan kebagian tubuh yang terinfeksi jamur.
2. Tunggu hingga minyak mengering


5. Belimbing wuluh

Cara menghilangkan Panu dengan cepat dan alami
Foto Belimbing shutterstock.com



Belimbing wuluh dipercaya juga dapat menghentikan serangan jamur kulit. Di dalam belimbing terdapat tanin, saponin, perksida dan bahan lain yang mempunyai manfaat lebih untuk kesehatan tubuh. Belimbing wuluh bersifat anti jamur.

caranya:

1. Ambil 2 buah belimbing wuluh.
2. Potong menjadi beberapa bagian
3. Aplikasikan kebagian tubuh yang terinfeksi

6. Cuka apel

Cara menghilangkan Panu dengan cepat dan alami
Foto cuka apel oleh pixaby.com 


Cuka apel bahan alami selanjutnya yang dipercaya sebagai cara menghilangkan panu di di wajah, leher dan di muka. Cuka apel memiliki senyawa yang bersifat anti mikroba senyawa inilah yang berfungsi dapat menghambat pertumbuhan jamur. lalu bagaimana cara menghilangkan panu dengan cuka apel ini.

 caranya:

1. Ambil 1 sdm cuka apel lalu campur dengan 1 sdm air hangat
2. Lalu gunakan kapas. oleskan kebagian tubuh yang terinfeksi.



7. Bawang Putih

Membahas mengenai bawang putih pasti akrab dengan bahan dapur. Nyatanya Anda juga dapat memakai bawang putih sebagai obat alami untuk menghilangkan panu. Pada bawang putih terdapat kandungan allicin yang merupakan komponen biologis aktif yang bermanfaat sebagai zat anti bakteri. Bawang putih juga memiliki banyak antioksidan. Kandungan yang ada pada bawang putih membuatnya terkenal untuk digunakan sebagai anti virus, anti kuman, serta anti jamur. selain untuk mengatasi panu ternyata masih khasiat dari bawang putih pada artikel yang berjudul 7 Manfaat bawang untuk kesehatan silahkan baca terlebih.

Caranya :

1. Ambil 1 siung bawang putih, lalu dipotong menjadi 2 bagian.
2. Kemudian gosokkan bawang putih pada panu selama 5 menit.
3. Ulangi cara ini  2 kali sehari.

Memakai bawang putih dapat menjadi salah satu cara menghilangkan panu yang ampuh pada balita ataupun buah hati Anda yang masih bayi.

8. Menggunakan Minyak Oregano


Berikutnya, metode menghilangkan panu dengan memakai minyak, yakni dengan minyak oregano. Asal minyak oregano dari tanaman oregano. Bagian yang digunakan dalam minyak oregano merupakan daun serta bunganya. Minyak oregano memiliki senyawa carvacrol. Senyawa ini teruji sanggup membasmi serta mengurangi infeksi jamur, virus, infeksi bakteri, parasit, serta alergi. Sebab carvacro berperan sebagai penangkal ataupun anti kuman, anti virus, serta anti jamur.

Caranya:

1. Oleskan minyak oregano langsung pada kulit yang terserang panu.
2. Diamkan sampai kering dengan sendirinya.

9. Lidah buaya


Tidak hanya banyak digunakan untuk kesehatan rambut, nyatanya lidah buaya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu secara alami. Lidah buaya mempunyai protein 14 kDa yang bermanfaat memiliki

sifat antijamur serta antiinflamasi.

Kedua kandungan tersebut efisien dalam menyembuhkan pertumbuhan jamur. Tidak hanya itu, sifat dari lidah buaya juga baik untuk pengobatan peradangan kulit yang rusak. Metode penggunaanya, oleskan gel lidah buaya langsung pada wilayah kulit yang terserang, sepanjang 2 hingga 3 kali satu hari selama sebagian minggu.

10. Minyak Kayu Putih


Kandungan Fenilpropanoid  serta Terpenoid   yang ditemui dalam minyak eucalyptus ataupun minyak kayu putih ini mempunyai tindakan yang kokoh sebagai obat panu alami yang sangat ampuh.

Obat panu ampuh ini sangat efektif sebab sifat obatnya terbukti selama berabad- abad. Senyawa Cineol yang ada dalam minyak kayu putih menunjukkan reaksi anti jamur serta bisa menghambat jamur. Oleskan minyak kayu putih ke kulit yang terinfeksi untuk menyembuhkan infeksi jamur Anda.

11. Tea Tree Oil


Tea tree oil populer dengan khasiatnya untuk membantu mengobati cedera serta pula mengatasi permasalahan jerawat. Kandungan antiseptik serta sifat anti inflamasi membuatnya sanggup untuk melenyapkan bermacam virus, kuman, sampai jamur yang menimbulkan infeksi pada kulit, termasuk juga jamur pemicu panu.

Cara memakai obat panu tradisional ini dengan mengoleskan tea tree oil memakai cotton bud ataupun kapas ke bagian kulit yang terinfeksi oleh panu. Sebab tea tree oil biasa digunakan di wajah, maka metode yang satu ini dapat Anda coba untuk menghilangkan panu yang ada di wajah. 


Itulah beberapa cara menghilangkan panu dengan cepat dan alami. cara tersebut selain mudah juga ketersediaan bahan untuk panu juga tidak terlalu sulit.

C. Tanda-tanda Panu akan Sembuh


1. Hilangnya gatal pada kulit


Hampir sama seperti penyakit kulit pada umumnya, penyakit panu juga membuat pengidapnya merasakan indikasi berupa gatal di zona kulit yang terserang panu. Hal ini ialah gejala yang normal sebab, kuman serta jamur kulit yang berkembang sebagai pemicu panu memanglah memunculkan sensasi rasa gatal pada kulit tempat mereka tumbuh dan berkembang biak.

Oleh sebab itu bila panu mulai sembuh, tanda awal yang sangat gampang diamati yakni kulit yang sebelumnya terasa gatal menjadi berkurang atau hilang rasa gatalnya. Umumnya penderita panu akan merasakan gatal yang hebat, terutama bila berkeringat ataupun jika kulit dalam keadaan lembab. Pada saat panu akan sembuh, rasa gatal mulai menghilang, terlebih lagi ketika kulit sedang lembab.

2. Rasa panas pada kulit tidak terasa


Penderita yang mengalami penyakit panu di kulitnya umumnya juga akan merasakan sensasi panas, terutama pada saat area panu terkena keringat. Pada saat panu akan sembuh, maka penderita tidak akan merasakan sensasi seperti ini lagi ketika berkeringat. Kulit tidak akan lagi terasa panas menyakitkan, apalagi pada saat berkeringat hebat sekalipun.

3. Bercak dan bintik panu mulai mengering


Ciri- ciri berikutnya dari panu yang mulai sembuh yakni pada saat bercak panu mulai mengering. Bakteri serta jamur yang dapat melekat di kulit melalui cara penularan panu. yakni di kulit yang lembab  yang berdampak panu lebih gampang berkembang , terlebih jika penderitanya termasuk orang yang gampang berkeringat. Oleh sebab itu, tanda- tanda panu akan sembuh selanjutnya yakni ketika permukaan kulit sudah mengering.

Hal ini karena kulit yang kering dapat membuat kuman ataupun jamur pemicu panu akan susah berkembang serta tumbuh. Untuk memeriksanya Anda dapat memegang permukaan kulit yang terserang panu. Tetapi, sebelum melakukan hal itu Anda wajib berhati- hati pada saat kulit menyentuh panu.  jangan samapi terinfeksi panu, bila ternyata panu belum betul- betul sembuh total.

4. Bercak dan bintik  panu mengelupas


Seiring berjalannya waktu serta panu akan semakin mengering, lama- kelamaan bintik atau bercak putih akibatvdari terserang  panu akan mulai mengelupas. Hal ini akan berlangsung jika penderita panu terus menjaga supaya kulit tidak begitu lembab serta senantiasa kering sehingga, jamur pemicu panu tidak lagi dapat tumbuh biak. Disaat jamur sudah betul- betul menghilang, maka kulit yang pernah terserang panu akan mengelupas serta tergantikan oleh kulit baru yang sehat.

5. Bercak dan bintik panu memudar


Bakteri ataupun jamur pemicu panu juga mengakibatkan kulit yang terinfeksi kelihatan dengan bintik keputihan atau sedikit keperakan. Bintik atau bintik panu ini pun akan memudar seiring panu mulai sembuh. Hal ini dapat menjadi tanda panu akan sembuh

D. Tips agar anda tidak terserang jamur kulit



  1. Jaga kebersihan tubuh anda. cara yang dapat anda lakukan dengan mandi setelah itu keringkan dengan handuk tubuh anda hingga benar-benar kering.
  2. Hindari menggunakan pakain yang ketat, dan gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat karena air keringat dapat memicu infeksi jamur.
  3. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih. dan jika anda mempunyai lipatan-lipatan di bagian perut usahakan untuk selalu dikeringkan sampai bersih.
  4. Hindari kontak langsung dengan matahari. karena matahari dapat memicu keringat keluar. selain itu akan memicu timbulnya komedo
  5. Yang perlu anda perhatikan yakni pada bagian daerah selakangan, di ketiak usahakan tetap kering.


  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel