Cara membuat daftar isi Otomatis paling Mudah - Ruang Inspirasi

Cara membuat daftar isi Otomatis paling Mudah

Ruanginspirasi.com - Sobat seorang pelajar atau seorang mahasiswa, tentunya sering mendapat tugas berupa tugas, makalah, artikel ataupun Skripsi yang harus mengetik menggunakan laptop atau pc sobat , jika tulisan sobat terlampau panjang maka di butuhkan daftar isi agar orang yang membaca tidak bingung di halaman berapa ia akan mencari materi yang di cari dan harus mencari cara membuat daftar isi.

Bila sobat seorang mahasiswa atau mahasiswi tentu nya tidak asing lagi dengan makalah, atau bahkan skripsi. Semua membutuhkan daftar isi agar halaman yang di cari dengan mudah.

Tapi sayang nya terkadang sebagian besar dari sobat masih belum tahu cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft world 2007, world 2010, world 2013, world 2016. sehingga harus membuat tab satu persatu dari tiap judul, subjudul, dan anak judul. Kalau masih 1 sampai 3 halaman tentunya masih kita maklumi. Tapi jika kita membuat daftar isi secara manual yang beratus-ratus halaman tentunya akan sangat menguras tenaga.

Tapi tenang saja sobat, masih banyak jalan menuju Roma, artinya masih ada cara agar kita tidak perlu capek-capek membuat daftar isi. Sobat dapat membuat daftar secara otomatis di Microsoft world. Cukup sekali tekan maka heading, Sub heading dan minor heading akan otomatis dengan sendirinya ditambah titik dan nomor halaman pada setiap bagian heading, jadi sobat tidak perlu mencari satu per satu ada di halaman berapa judul yang sobat. Oke langsung saja simak caranya:

Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft world.

1. Memilih Heading, Sub Heading, dan minor heading

Jika sobat belum mengetahui bahwa apa itu heading maka saya akan menjelaskan nya, Heading adalah judul utama dalam tulisan atau makalah sobat, lalu sub heading adalah sub judul dari judul utama, sedangkan minor heading adalah bagian dari sub judul jika masih maka silahkan lihat gambar berikut:



Caranya:
  • silahkan blok pada bagian judul yang ingin digunakan sebagai judul utama, lalu silahkan cari pada toolbar bar sebelah kanan atas Microsoft world, heading 1, untuk heading utama, 
  • untuk subjudul, maka blok dulu  bagian sub judul lalu, klik heading 2, dan 
  • untuk minor heading, maka blok dulu bagian minor heading lalu pilih heading 3 , akan tetapi untuk penggunaan minor heading tergantung dari tulisan sobat apakah mempunyai minor heading atu tidak. jika tidak maka penggunaan minor heading tidak perlu ditambah kan.


2. Cara membuat daftar isi otomatis

  • Silahkan arahkan kursor pada halaman kosong yang akan di gunakan sebagai tempat daftar isi sobat. 
  • setelah itu pilih menu  ---> Reference lalu klik ---> Table of Contens letaknya pada toolbar sebelah kiri didalam menu reference. 
  • Di dalam menu Table of Contens akan tersedia tiga pilihan Style Table of Contens sobat bisa memilih  pada pilihan 1 atau 2. Jika sobat memilih Table of Contens bagian 3 berarti sobat membuat daftar isi secara manual. Oke silahkan klik salah satu maka akan otomatis muncul Daftar isi yang sobat inginkan.


3. Mengubah  isi layout pada daftar isi

Jika sobat ingin agar tampilan lebih menarik maka sobat dapat mensetting agar tampilannya sesuai dengan yang sobat inginkan caranya 

  • Pilih menu Refrences , Pilih pada menu ---> Custom Table of Contens atau (Insert Table of Contens) tergantung pada PC yang sobat gunakan. 
  • Maka akan muncul kotak dialog yang memunculkan Preview dari Custom Table of Contens
  • Jika sobat tidak ingin menampilkan nomor halaman pada daftar isi sobat cukup menghilangkan centang pada Kotak Menu  ✅ Show page numbers maka otomatis nomer halaman akan di hilangkan sobat dapat melihat dalam kotak preview
  • jika sobat ingin mengganti titik-titik dengan garis maka sobat dapat menuju menu Tab Leader, maka akan ada pilhan none (berarti tanpa titik ataupun garis) garis putus-putus ataupun garis panjang.
  • untuk mengubah style sobat dapat memilih pada bagian Formats, silahkan pilih style yang sobat suka
  • lalu jika ingin mengatur heading jumlah level dari daftar isi, Silahkan pilih Show Levels, sesuaikan dengan tulisan yang sobat buat.
  • jika sudah semua klik OK


4. Mengubah Format text dalam Daftar Isi

jika sobat ingin mengubah bentuk tulisan dan format sobat juga  dapat mengubahnya secara manula caranya:

  • Pilih menu Refrences , Pilih pada menu ---> Custom Table of Contens atau (Insert Table of Contens).
  • klik menu Modify maka akan tersaji Toc 1, Toc 2 dan seterusnya. jika ingin mengubah maka arahkan pada Toc yang ingin dirubah (misalnya= TOC 1) Lalu Klik Modify
  • lalu atur sesuai dengan keinginan mulai dari font, ukuran, besar kecilnya, font.
  • setelah selasai jangan lupa klik Ok


5. Membuat Penomoran halaman otomatis

Jika sobat sedang mengetik tugas skripsi, makalah, ataupun tugas lainnya tentunya penomoran pada halaman menjadi sesuatu yang wajib ada. Fungsi penomoran pada halaman selain untuk mempermudah pencarian suatu materi juga suatu hal yang wajib ada dalam tulisan formal cara membuat penomoran otomatis pada halaman yakni seperti ini: 


  • Pilih menu Insert ---> lalu silahkan cari menu page number pada toolbars. 
  • Lalu silahkan pilih di antara menu pilihan yang tersedia
  • Menu pertama Top of  Page  artinya memberi penomoran halaman pada bagian atas footer, jika anda memilih bottom of page artinya anda memberi penomoran pada bagian bawah halaman.
  • anda juga dapat mengganti angka pada penomoran halaman dengan mengganti pada bagian menu page number --- > silahkan pilih Format page number lalu pilih salah satu numbering yang anda inginka lalu klik ok

Nah itulah sedikit cara membuat daftar isi otomatis yang bisa kamu lakukan, membuat daftar isi secara otomatis memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas kita nantinya. simak juga cara menulis huruf arab di wa.












Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel