Tips menjalankan ibadah puasa ramadhan agar tubuh tetap bugar - Ruang Inspirasi

Tips menjalankan ibadah puasa ramadhan agar tubuh tetap bugar

Ruanginspirasi.com - bulan ramadhan telah tiba ditengah kita tentunya ramadhan adalah bulan meningkan keimanan dan Ketaqwaan kita sebagai umat muslim.  Akan tetapi sering kali ditengah-tengah puasa, sering mengalami hambatan-hambatan yang disebabkan karena aktivitas kita yang salah di dalam menjalankan aktivitas puasa ramdhan. maka dari itu, kali ini kita akan memberikan Cara menghilangkan lemas saat puasa.

Tips menjalankan Puasa Ramadhan
foto: bangkitmedia.com

Pengartian puasa sendiri yakni  menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan, minum, merokok, dan hal lain-lain mulai dari imsyak hingga adzan magrib dikumandangkan. perlunya perbaikan dalam pola dan tingkah laku kita didalam menjalan puasa ramdhan agar hikmah puasa dapat kita rasakan yakni terbentuknya hati yang mampu mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah Swt kepada kita. selain itu dengan menjaga pola hidup sehat kita dapat kita dapat menghilangakan penyebab lemas saat puasa.

Puasa tanggal berapa. tahun ini puasa jatuh pada 6 mei 2019 yang artinya puasa tinggal beberapa hari lagi maka dari itu persiapkan mulai dari sekarang agar anda sudah siap menghadapi bulan yang penuh berkah ini.oke mari kita simak tipsnya:

Cara menghilangkan lemas saat puasa

1. Makan Sesuai dengan porsi normal

Kenapa hal tersebut penting, sering kali kalau seseorang menjalankan puasa ramdhan ataupun puasa pada umumnya akan menambah porsi makannya.alasannya beragam tapi yang pasti laper betul bukan. akhirnya pas berbuka di jadikan ajang balas dendam hehe.

sebenarnya hal itu kurang baik karena terlalu banyak makan akan menyebabkan napas terasa sesak, perut pega, lemas, dan yang paling mengkhawatirkan bikin ngantuk, akhirnya pas waktu mau tarawih males karena rasa kantuk yang berlebih oleh karena itu batasi konsumsi berbuka anda sesuai dengan porsi normal.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Setelah berpuasa seharian tentunya tubuh akan mengalami dehidrasi, oleh karena itu minum air putih untuk mengembalikan ion yang hilang akibat berpuasa seharian penuh.

3. Membatasi Makanan Manis

Kenapa hal ini penting, karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis bisa manjadi pemicu datang penyakit. apalagi di bulan ramadhan akan selalu banyak godaan makanan yang manis-manis karena saat ramadhan surganya kuliner seperti es cincau kelapa muda. maka dari itu akan lebih jika anda  membatasi konsumsi tersebut.

4. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Buah dan Sayur memiliki kandungan serat yang tinggi selain itu di dalam buah dan sayur terdapat kaarbohidrat, zat besi dan kandungan yang lain. Sehingga saat kita menjalankan puasa stamina akan tetap terjaga dan kita tetap bisa produktif seperti biasanya. selain itu sehat anda juga melakukan Tips puasa sambil diet. Pahala dapat badan sehatpun juga dapat, menarik bukan.

5. Olahraga ringan

untuk menjaga kebugaran tubuh anda dapat melakukan olahraga ringan. misalnya lari-lari kecil, peregangan tangan, atapun pemanasan tubuh. jadi meskipun kita sedang menjalankan puasa ramdhan tubuh harus tetap fit dan segar.

6. Minum Vitamin

Untuk meningkatan sistem imun atau perlindungan dari dalam diri kita anda dapat meminum vitamin sebagai pilihan untuk agar puasa tidak lemas. vitamin dapat membantu menjaga diri kita dari radikal bebas yang dapat mengganggu puasa kit

7. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup juga perlu karena sejatinya di bulan ramdhan kegiatan akan semakin meningkat dan hal itu tentunya akan mengurangi waktu tidur anda aktivitas yang padat tersebut menjadi cara agar puasa tidak terasa . Maka dari itu anda harus mengatur waktu agar anda dapat beristirahat dengan cukup sehingga aktivitas ibdah puasa dapat dijalankan dengan lancar.

nah itulah beberapa cara menghilangkan lemas saat puasa . sehingga kita dapat mengambil hikmah puasa di tahun ini. jangan lupa simak pula artikel berikut ini  membuat opor ayam mini. selamat menjalankan ibadah puasa semoga amal ibadah kita di terima dan keimanan serta ketaqwaan kita semakin meningkat.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel